Fatih Menanam

FATIH MENANAM

Fatih Menanam adalah salah satu kegiatan ekstrakurikuler  yang dikembangkan oleh Tim guru SD TNA FBS. Kegiatan ini merupakan kerjasama dan koordinasi pihak tim SD TNA FBS dengan pihak General Manager serta tukang kebun. Kegiatan ini  bertujuan untuk memperkenalkan dan menumbuhkan kecintaan siswa-siswi terhadap dunia pertanian atau perkebunan. Kegiatan ini dirancang sedemikian rupa sehingga semua siswa dapat mengambil peran penting dalam kegiatan ini. Kegiatan ini direalisasikan dengan pengelolaan dari tukang kebun dan para guru serta kiprah siswa-siswi yang langsung turun ke lapangan.

Kegiatan Fatih Menanam dilaksanakan secara bergiliran dari kelas 1 sampai dengan 6, dengan keterangan setiap kelas melaksanakan kegiatan dengan mulai menaman hingga memanen tanaman. Tanaman yang ditanam merupakan tanaman palawijaya, yang mana pemilihan ini berdasarkan pertimbangan menghemat waktu dan memperkenalkan dunia pertanian dari dasar. Pemilihan tanaman untuk kegiatan ini disesuaikan dengan tempo waktu yang disedikan yaitu selama lebih kurang 1 s/d 1.5 bulan untuk setiap tingkatan kelas yang bertugas, tanaman yang akan ditanaman berupa sayur-sayuran seperti; sawi, kangkung, selada, dan bayam.

 

Untuk keberlangsungan kegiatan ini, tim guru menyusun daftar piket siswa-siswi yang bertugas menyiram tanaman di kebun setiap hari senin-jum’at, penyiraman dilakukan 2 kali sehari yaitu pada pagi hari jam 07.50-08.00 WIB dan pada sore hari jam 15.35-15.50 WIB. Selama kegiatan ini sepenuhnya berlangsung, guru yang bertugas akan mendampingi siswa-siswi, guru juga akan memberikan edukasi mini sehingga siswa-siswa dapat memahami dengan baik mengenai keselurahan kegiatan ini. Jika sudah tiba masa panen, siswa akan memanen tanaman tersebut dibantu oleh guru yang bertugas dan tukang kebun, yang mana sayuran/buah-buahan tersebut dapat dibawa pulang atau dijual kepada guru-guru dan semua staf sekolah tau orangtua yang ingin membeli.


Print   Email