SISWA TNA FATIH RAIH MEDALI DI KUNSHAN,CHINA

SISWA TNA FATIH RAIH MEDALI DI KUNSHAN,CHINA

 

                Aceh kembali berbangga dengan prestasi siswanya. Sebanyak 7 siswa dari SMA Teuku Nyak Arif Fatih Bilingual School (FBS) berhasil meraih   3 medali emas, dan 4 medali perak dalam kegiatan 3rd International Exhibition of Invention (Kunshan) & International Forum on Invention and Entrepreneurship yang diselenggarakan di Kunshan, China pada tanggal 17 – 20 November 2016. Kegiatan tersebut diikuti sekitar 1700 peserta mulai dari pelajar, mahasiswa, profesor, serta pengusaha. Kegiatan ini diikuti oleh 63 negara, yang beberapa diantaranya diwakili oleh perwakilan kota dari provinsi dari beberapa negara tersebut, seperti dari Indonesia, Malaysia, Filipina, Korea, China, Canada, Egypt, Rusia, Iran, Afrika.

                Siswa yang berhasil meraih medali tersebut adalah Alya Zikra, Febrianti Anggia, Viona Rhofika, Fifi Ariani, Salsabila Thahirah,Diva Savira,Putri Arikah dan Eva Rosari Sandi,S.Si selaku guru pendamping dan koordinator project. Berdasarakan laporan Ms.Eva, seluruh siswa yang mengikuti even tersebut mendapat medali silver, tetapi mereka juga mendapatkan gold special award dari negara Canada, Filipina, Thailand, Egypt, Korea,dan Rusia. Gold special award diberikan kepada siswa SMA.Teuku Nyak Arif Fatih Bilingual School karena negara tersebut berpendapat bahwa project siswa tersebut sangat bagus karena mengangkat tema Aceh. Berikut adalah judul project siswa, Bioethanol of “plik u” dengan bahan baku plik u, dimana plik u yang dikenal sebagai bumbu makanan aceh diubah menjadi bioetanol yang tidak berbau dan bisa dimanfaatkan sebagai minyak goreng. Project tersebut berhasil dipresentasikan oleh Viona Rhofika dan Fifi Ariani  (X SMA) dan mendapat silver dan gold special award dari Canada.

                Selanjutnya Biodegradable plastic dimana bahan baku adalah kulit jagung. Kulit jagung yang tidak terpakai dimanfaatkan oleh Putri Ariqah (XI SMA) sebagai plastik yang biodegradable dan terurai oleh tanah. Selain itu project yang lain adalah pembuatan lem dari sisa ampas kelapa, project ini dipresentasikan oleh Alya Zikra dan Febrianti Anggia ( XI SMA). Selanjutnya  bioethanol dari buah jamblang yang berhasil dipresentasikan oleh Salsabila Thahirah dan Diva Savira (X SMA) dan mendapatkan gold special award dari Rusia.

 

                Dengan berhasilnya siswa SMA.Teuku nyak Arif Fatih Bilingual School (FBS) putri membawa pulang 11 medali, diharapkan dapat memotivasi siswa lainnya untuk bebas mengekesperimenkan project yang dimiliki. Sehingga kita semua dapat bersaing di kancah Nasional maupun Internasional. 


Print   Email