FATIH GELAR PELATIHAN PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN | FDTP

Banda Aceh – Sekolah Fatih Bilingual School bekerjasama dengan Sekolah Teuku Nyak Arif Fatih Bilingual School Banda Aceh, menggelar program pelatihan untuk guru se-Aceh di awal tahun 2020. Program yang bertajuk FDTP (Fatih Development of Teacher Training Program) tersebut berlangsung selama tiga hari, 2 s.d. 4 Januari 2020. Pembukaan untuk kegiatan di hari pertama pun dibuka secara resmi oleh Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman, bertempat di aula utama Sekolah Fatih Bilingual School. Turut pula hadir beberapa undangan dari pihak dinas pendidikan dan beberapa instansi lainnya yang telah meramaikan suasana pada opening ceremony yang digelar pada pukul 09.00 WIB tersebut. Program yang sukses menghadirkan 204 peserta yang terdiri dari guru, dosen, mahasiswa, dan pengamat pendidikan ini pun mengusung tema yang sangat menarik, “Improving the Quality of Education, Where to Start?”

Adapun beberapa pembicara utama di acara ini adalah Dianindah Apriyani (Senior Country Manager of Indonesia, Cambridge Assessment International Education), Prof.Dr.Setiono Sugiharto (Graduate School of Applied English Linguistics, Atma Jaya University), dan Indra Charismiadji (Education Consultant, 21st Century Learning Expert). Selain mendapatkan ilmu dari para pembicara utama, para peserta dari 14 kota/kabupaten Aceh ini pun dapat berjumpa dengan 28 pembicara lainnya pada “breakout sessions” dengan topik yang beragam yang dibawa dengan bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.  Para peserta diberikan kesempatan untuk memilih kelas-kelas tersebut sesuai dengan bidang yang diminati dan bidang yang ingin digali lebih dalam lagi  dengan sistem “moving class” yang berdurasi selama 60 menit untuk setiap sesinya.

Adapun 44 topik dari berbagai bidang yang dipaparkan dalam program peningkatan mutu guru ini meliputi:

  1. School Self-Evaluation
  2. How to Teach Coding to Primary and Secondary School Students
  3. Action Research, Part 1: Doing Action Research Tasks
  4. Action Research, Part 2: Presenting Action Research Plan & Discussion
  5. Inisiasi dan Konsistensi Berprestasi di Olimpiade Sains
  6. Efektifitas GoogleClassroom dalam Blended Learning
  7. Evolution of Teaching: How to Implement Technology for More Effective Learning?
  8. Blended learning in school context
  9. Blended learning in communication and collaboration
  10. Parent Home Visit Program (PTHV): mengenal karakter dan potensi siswa
  11. Mengajar di abad 21
  12. Laboratorium sains yang aman dan menyenangkan
  13. Riset dan penelitian oleh siswa, mungkinkah?
  14. How to boost professional development via webinars?
  15. Am I a great leader?
  16. Personalised Learning, have you tried?
  17. The greatness of coaching and mentoring skill
  18. Being a successful school leader: how to listen and communicate effectively?
  19. “Believing you can get smarter makes you smarter” mindset: the power to transform students
  20. Global trends improving education 2019: how efficient is our education system?
  21. Key concepts of assessment: what every teacher should know about assessment?
  22. Taking assessment to the next level: designing classroom assessment for modern learners.
  23. Meningkatkan kualitas pendidikan dengan menulis: Menulis…, Semudah Ngerumpi!
  24. Meningkatkan kualitas pendidikan dengan menulis: Menerbitkan Buku…, Siapa Takut?
  25. Strategi pelaksanaan PAKEM dalam kelas
  26. Unveiling The Joy of Active Learning: From ‘Boring to ‘Engaging’
  27. Active Learning Strategies: How Do They Support Student Success?
  28. Project Based Learning ideas to boost your student creativity
  29. Design Thinking – Solving everyday problems at school
  30. How can leaders encourage a research culture in school?
  31. Why Social Emotional Learning is suddenly in the spotlight?
  32. Language teaching effectiveness: teaching pronunciation for young learners
  33. Manajemen kelas efektif (menyusun ekspektasi kelas dan konsekuensinya)
  34. Problematika Keberagaman Karakter Siswa di Kelas (Keberagaman Karakter siswa dan penanganannya)
  35. How to apply CLIL (Content and Language Integrated Learning) in class project / practical lesson?
  36. Language teaching effectiveness: pronunciation and phonetic as the essential elements
  37. Language teaching effectiveness: Fun and Creative Activities to Start and End English Lesson
  38. Language teaching effectiveness: focusing on English speaking skill
  39. Proficiency in CLIL (Content and Languange Integrated Learning) in Primary Science
  40. Joyful Mathematics Learning 1: Using Physical Manipulative in Mathematics Learning
  41. Joyful Mathematics Learning 2: Using Virtual Manipulative in Mathematics Learning
  42. Mentoring Skills; Conducting an Effective and Constructive Classroom Observation
  43. The impact of applying collaborative learning
  44. How to Plan Your Lesson Effectively?

Program ini diharapkan dapat menjadi langkah awal untuk meningkatkan kualitas pendidikan di tahun 2020 ini. Beberapa pihak pun mengusulkan agar FDTP kembali hadir di tahun-tahun berikutnya.

Categories:Artikel
Published on :Posted on

Post your comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.